Pengertian Pasar
Pasar dalam ilmu ekonomi adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, tidak selalu memerlukan lokasi fisik dan bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.
Jenis-Jenis karakteristik Pasar :
-Pasar persaingan sempurna
-Pasar Monopoli
-Pasar Monopolistik
-Pasar Oligopoli
1. Pasar persaingan sempurna
adalah sebuah jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual
bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli
di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima
harga.
Kateristik Pasar persaingan sempurna :
a. Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalamnya artinya tidak hanya satu
penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar, jadi yang menentukan harga
bukanlah pembeli atau penjual, tetapi
keseluruhan interaksi antara pembeli dan penjual..
keseluruhan interaksi antara pembeli dan penjual..
b. Barang yang diperjual belikan homogen (serupa), terkadang pembeli tidak dapat membedakan barang produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
c. Perusahaan dapat dengan bebas keluar masuk pasar tersebut, suatu
perusahaan bebas menentukan ingin keluar atau memasuki pasar persaingan
sempurna karena hampir tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk keluar
ataupun masuk ke pasar tersebut.
2. Pasar Monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Produsen bebas untuk menentukan
harga. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut
sebagai "monopolis". Harga ditentukan dari jumlah barang yang akan
diproduksi, semakin sedikit banrang, semakin mahal harga barang tersebut.
Karakteristik Pasar Monopoli
a. Hanya ada satu produsen
b. Produsen bebas menentukan harga
c. Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli
d. Output yang besar karena permintaannya banyak
e. Biaya marginal semakin lama semakin menurun, sehingga biaya produksi (AC) makin rendah (decreasing MC dan AC)
3. Pasar Monopolistik
adalah salah
satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan
barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada
pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti
memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. produsen
memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.
Karakteristik Pasar Monopolistik
a. Terdapat banyak penjual, oleh karena itu suatu produsen hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam penentuan harga barang
b. Barang yang dihasilkan berbeda corak, ini adalah faktor terpenting uang
membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan
sempurna. Secara fisik mudah membedakan produksi suatu perusahaan dengan
produksi perusahaan lainnya
c. Masuk ke dalam industri sangat mudah, hambatan untuk masuk ke dalam
pasar ini tidak sesulit dalam pasar monopoli atau oligopoli, tetapi juga
tidak semudah dalam pasar persaingan bebas karena butuh modal yang
besar untuk menghasilkan barang yang berbeda corak dengan yang sudah
tersedia di pasar.
4. Pasar Oligopoli
adalah pasar di mana
penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Praktek oligopoli
umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan
potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan
oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat
maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan
kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi
tidak ada.
Karakteristik Pasar Oligopoli
a. Sedikit produsen dalam suatu pasar, akibatnya keputusan yang diambil
oleh satu produsen akan sangat mempengaruhi produsen yang lain. Oleh
karena itu Produsen-produsen yang ada saling bersepakat untuk melakukan
tindakan bersama di dalam menentukan harga dan tingkat produksi
b. Produk yang dihasilkan homogen atau sama, ada 2 tipe, yang pertama
adalah produsen barang standar atau bahan mentah, yang ke-dua adalah
produsen barang yang berbeda corak, biasanya barang akhir atau barang
jadi.
sumber :
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com
wowwww
BalasHapus