Translate

Minggu, 23 Desember 2012

Ciri-Ciri Organisasi, Unsur - Unsur Organisasi dan Teori Organisasi

Ciri-Ciri Organisasi.
         Ciri-ciri organisasi adalah salah satu yg wajib ada di suatu organisasi. dan ada pun ciri-ciri organisasi tersebut ialah :
1. Mempunyai tujuan dan sasaran
2. Mempunyai keterikatan format dan aturan yg harus di taati
3. Adanya Komponen (atasan dan bawahan)
4. Adanya kerjasama
5. Mempunyai tugas, tanggung jawab dan wewenang
6. Adanya Tujuan dan sasaran

Unsur-Unsur Organisasi.
          Secara sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu adanya orang-orang, adanya kerjasama, dan adanya tujuan. dari ketiganya merupan gabungan kesatuan yg saling berhubungan. dan adapun unsur-unsur organisasi terperinci adalah :
1. Man (orang)
         Dalam organisasi Man adalah penggerak yg namanya organisasi, adanya direktur, manajer, pegawai dan lain-lain, semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) di organisasi.
2. Kerjasama
         Semua Man (orang) semuanya bekerja sama, dari atasan sampai bawahan yg bekerja di organisasi tersebut yg mempunyai fungsi dan tanggung masing-masing.
3. Tujuan bersama
         Tujuan merupakan arah yg harus dicapai, karna memang tujuan yg dituju organisasi, Tujuan
menggambarkan yg harus dicapai melalui prosedur, program pola (network), kebijaksanaasn (policy), strategi, anggaran, dan peraturan peraturan yg sudah ditetapkan.
4. Peralatan
         Peralatan merupakan terdiri dari semua sarana, berupa materi, uang, mesin, barang-barang yg lainnya yg diperlukan.
5. Lingkungan
         Lingkungan ini yg dimaksud adalah sosial, budaya, ekonomi dan teknologi.
6. Kekayaan alam
         Kekayaan alam ini maksudya Memanfaatkan yg ada di alam yg kaya akan keindahan dan kegunaan bagi manusia didunia yg diciptkan oleh Tuhan, misalnya flora dan fauna, batu-batu, iklim dll

 Teori Organisasi
         Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemechan masalah organisasi agar maslah diselesaikan dengan baik akan menimbulkan tujuan dan mencapai sesuatu sasaran yg dicapai. Teori organisasi muncul pada abad le 19 yg dilatar belakangi revolusi iinggris dan kelahiran perusahaan raksasa Amerika Serikat.

         Teori organisasi Klasik, disebut teori tradisional yg berisikan konsep konsep organisasi dari tahun 1800-an teori klasik berkembang dalam 3 aliran yg dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yg sama, yaitu :
-Teori organisasi Birokasi,
-Teori Administrasi
-Teori Menegement Ilmiah

         Teori organisasi Neoklasik, dikenal dengan teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik. anggapan dasar teori ini menekan psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sekelompok kerja untuk mencapai tujuan bersama.

         Teori organisasi modern, disebut juga analisa sistem pada organisasi merupkan aliran terbesar dalam organisasi dan management. Teori ini melihat bahwa semua usur satu kesatuan yg saling bergantungan yg mengemukakan kalo organisasi ini bersifat terbuka.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar